Dan mengapa manusia tidak memikirkan tentang kejadian diri mereka? Allah tidak menjadikan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya melainkan dengan tujuan yang benar (QS. Arrum(30): 8)

Berbagunglah dengan Komunitas Seni Religius Indonesia 2009

Sunday, May 3, 2009

A. Kecerdasan Intelektual (IQ)

IQ (Intelegentia Quotient) adalah kecerdasan yang digunakan untuk memecahkan masalah secara logika dan strategi berfikir. Prosesnya melalui penyerapan informasi dengan panca indera kemudian menggunakan otak kiri untuk mengambil keputusan bertindak.

Berfikir dengan pola ini disebut juga berfikir secara seri. Dasar pola berfikir ini adalah kebenaran yang bersifat empiris, logis dan matematis. Jika Anda makan, maka Anda kenyang, jika 3+4=7, maka 7-3=4 dan seterusnya.

IQ bekerja menurut jalur saraf belajar dan menurut program yang telah ditetapkan dan sesuai dengan aturan logika formal. Proses belajar berjalan runut, bertahap dan taat aturan. Berlatih berhitung merupakan salah satu cara yang memungkinkan anda memaksimalkan fungsi IQ.

Dalam bekerja, otak kiri lebih sering mengandalkan panca indera. Perpaduan dari otak kiri dan panca indera akan menghasilkan cara berpikir yang berguna untuk menyelesaikan persoalan rasional atau tugas-tugas yang sudah diplanning secara jelas. Berfikir dengan pola IQ sangat mirip dengan proses aplikasi komputer.





1 Comentário:

FATAMORGANA said...

IQ tidaklah cukup untuk menggambarkan kecerdasan. Malah sekarang ini di prasyaratkan IQ harus dibarengi dengan EQ. Karena EQ menggambarkan hubungan perasaan kita baik berupa empati, motivasi, dan iba dengan lingkungan sekitar.

Post a Comment

Pumping Talent ©Template Blogger Green by Dicas Blogger.

TOPO